WebGIS Pemilu 2009

02/04/2009

Skup sajian

Filed under: basisdata — httsan @ 3:30 pm
Tags: , ,

Saat bermain dengan WebGIS, sangat mungkin pengguna tidak menyadari seberapa besar volume kerja yang telah dilakukan saat pembangunannya. Banyaknya proses yang bisa dilakukan pada aplikasi WebGIS tidak berkorelasi positif dengan segala hal yang terjadi pada saat persiapannya. Persiapan disini adalah pembangunan basisdata spasial yang benar dan juga pada saat pemrograman aplikasi.

Pemilu 2009 yang akan segera berlangsung, dan akan (dicoba) ditampilkan hasilnya dalam WebGIS secara langsung tentunya memerlukan persiapan data spasial yang baik juga. Data ini meliputi batas administrasi negara, provinsi, kabupaten/kota, dan juga kecamatan. Batas-batas administrasi ini merupakan data utama karena data Pemilu berbasis pada wilayah.

Daerah Pemilihan (dapil) adalah gabungan dari dua atau lebih daerah administrasi.

  • Jika dapil untuk tingkat DPR maka dapilnya merupakan gabungan dari beberapa Kabupaten/Kota dalam satu provinsi.
  • Dapil untuk tingkat DPRD Provinsi, serupa denga sebelumnya, merupakan gabungan dari beberapa Kabupaten/Kota dalam provinsi yang sama. Tetapi batas ini tidak sama dengan batas dapil untuk DPR.
  • Sedangkan dapil untuk DPRD Kabupaten/Kota merupakan gabungan dari dua atau lebih Kecamatan.

Sampai dengan mendekati Pemilu 2009, di Indonesia (sudah) terdapat 471 Kabupaten/Kota. Oleh KPU kemudian dibagi menjadi 77 Daerah Pemilihan untuk pemilihan Legislatif DPR.

Beberapa kesulitan yang muncul saat persiapan data spasial adalah adanya perubahan batas administrasi karena adanya pemekaran, baik di tingkat Kabupaten/Kota maupun (lebih-lebih) pada tingkat Kecamatan. Pemekaran wilayah tidak selamanya terekam dengan baik, sehingga (sangat) diperlukan waktu ekstra dalam memilahnya. Apa hubungannya pemekaran dengan persiapan basis data spasial untuk Pemilu..?

Seperti dijelaskan diatas bahwa Dapil adalah gabungan dari dua atau lebih daerah administrasi. Sehingga pada saat pemilahan dapil tentunya diperlukan informasi batas administrasi, kecamatan ini dan inu masuk dalam dapil sekian. Jika data spasial yang dimiliki belum mengakomodir pemekaran, ini adalah kesulitan yang serius.

Untuk 77 Dapil pada tingkat DPR, tim tidak menemukan banyak kesulitan untuk segera membangun data dapil, walau ini bukan berarti pekerjaan ringan. Tetapi untuk tingkat DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota ditemukan banyak hal yang menyulitkan penentuan dapil tersebut. Pembangunan data spasial dapil pada level Kabupaten/Kota memerlukan waktu yang tidak sebentar. Sisa hari menuju hari H (9 April) tidaklah cukup.

Karena alasan teknis inilah maka skup sajian untuk tanggal 9 April dibatasi hanya pada level suara DPR.

Jadi yang akan ditampilkan secara langsung (live) pada webgis saat Pemilu Legislatif 9 April adalah:

  • Konsentrasi dukungan Partai Politik untuk suara di tingkat DPR.
  • Hasil suara untuk DPD.

Untuk tingkat DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota akan dibangun sambil jalan, sehingga saat suara sudah terhitung (manual) dan mempunyai kekuatan hukum (SK KPU dan sebagian adalah setelah keputusan MK) maka dapat disajikan juga.

3 Komentar »

  1. Bapak2 dan Ibu2 yang sedang sibuk, mau nimbrung nih..
    Untuk penyajian info, menurut saya ada baiknya kalau informasi dasar tentang Pemilu tsb juga disajikan (sepanjang data dari KPU tersedia), misal : daftar caleg per partai per dapil DPR, nama Kabupaten/Kota yang masuk ke dalam dapil DPR, perolehan suara Pemilu 2004 (alaupun ada beberapa dapil yang berubah), Anggota DPR saat ini yang berasal dari dapil DPR tsb.
    Mabok ga ya?
    wassalam

    Komentar oleh BHS — 08/04/2009 @ 7:12 am | Balas

    • asli, bakal mabok😀
      BHS, thx masukannya, sambil jalan kita usahakan tambah informasi yang memang perlu ditampilkan di webgis.

      Komentar oleh httsan — 08/04/2009 @ 11:43 am | Balas

  2. Salam GIS

    Selamat, maju terus GIS indonesia, hidup KPU semoga lancar dan sukses.

    oh iya saya pasang linknya di blog saya.

    cheers

    Komentar oleh gis_archives — 08/04/2009 @ 12:16 pm | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: