WebGIS Pemilu 2009

08/04/2009

Modul Aplikasi pada WebGIS Pemilu 2009

Filed under: alurproses — httsan @ 11:06 pm
Tags: , ,

Aplikasi pada WebGIS Pemilu 2009 mempunyai dua buah modul, yaitu:

  1. Konsentrasi Dukungan Partai Politik
  2. Informasi Sebaran Partai dengan Suara Terbanyak

Keduanya adalah hasil dari perhitungan suara untuk Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Dari halaman utama (beranda), pengunjung dapat memilih salah satu dari kedua modul tersebut. Informasi yang dapat diperoleh pengakses pada halaman tersebut adalah:

1. Konsentrasi Dukungan Partai Politik

Pada modul ini dapat terlihat 5 Partai yang mempunyai suara terbanyak di kolom kiri. Saat skup analisis pada tingkat Nasional, maka yang tampil adalah 5 Partai peraih suara terbanyak Nasional. Sedangkan pada saat dipilih satu Provinsi tertentu maka yang tampil pada kolom kiri tersebut adalah 5 Partai peraih suara terbanyak dalam Provinsi tersebut.

Selain itu pada kolom kiri juga akan terlihat prosentase perolehan suara dari kelima partai peraih suara terbanyak dan satu bagian yang merupakan gabungan dari sisa partai dalam Diagram Pie (pie-chart).

Dibawahnya terdapat dua buah Diagram Batang (bar-chart) yang menggambarkan (1) Jumlah suara dari DPT dan jumlah suara yang telah masuk, (2) Jumlah suara sah dan tidak sah.

Pilihan tampilan peta ada dua macam yaitu peta Indonesia dan Peta per Provinsi tertentu. Analisis yang dapat dijalankan adalah dengan memilih partai tertentu. Saat satu partai terpilih, maka pada peta akan terlihat prosentase suara partai tersebut dalam lima kelas. Sedangkan dibawah peta akan muncul tabel yang menerangkan perolehan partai tersebut pada tiap Daerah Pemilihan.

2. Informasi Sebaran Partai dengan Suara Terbanyak

Pada modul kedua akan menampilkan hasil Pemilu berbasis Daerah Pemilihan. Hasil yang dapat terlihat adalah Partai yang mendapatkan suara terbanyak pada tiap Dapil. Skup luasan dapat dipilih yaitu Nasional atau salah satu Provinsi. Warna pada masing-masing Dapil menunjukkan warna partai peraih suara terbanyak, yang ditunjukkan pada legenda peta.

Dibawah peta terdapat tabel yang merupakan hasil perolehan suara semua partai. Saat analisis Nasional maka perolehan yang ditampilkan adalah Nasional. Sedangkan pada saat dipilih salah satu Provinsi maka perolehan suara yang ditampilkan adalah khusus pada Provinsi tersebut.

Pada kolom kiri akan terdapat informasi yang sama dengan modul sebelumnya (seperti yang telah dijelaskan diatas).

Catatan:

Data yang digunakan oleh aplikasi WebGIS ini adalah data dari Tabulasi Nasional Pemilu (TNP) atau biasa disebut dengan “data TI KPU”. Pembaruan data bersifat dinamis (berubah dari waktu ke waktu) sesuai dengan data yang diterima oleh TI KPU dari seluruh wilayah Indonesia. Ini berakibat tampilan pada peta akan berubah juga secara otomatis mengikuti perubahan pada data TNP.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: