WebGIS Pemilu 2009

10/04/2009

Di Dalam Domain Ruang

Filed under: webgisiana — udrekh @ 9:02 pm
Tags: ,

Ini untuk ke dua kalinya saya menjadi penggembira di dalam tim GIS Pemilu. Disebut sebagai penggembira, karena memang bukan pekerjaan yang langsung berhubungan dengan kompetensi saya. Akan tetapi, selalu ada hal menarik dan mengagumkan setiap kita melihat kemampuan anak manusia yang berbeda bidang ilmu dengan kita. Karena ketrampilan tersebut kadang jauh di luar batas kemampuan pemahaman kepakaran kita.

Demikianlah yang saya lihat sebagai pengamat yang celingak-celinguk di antara para sahabat yang bekerja super keras dalam keterbatasan waktu untuk memaparkan sebuah informasi di dalam domain ruang. Tentu bagi kita yang belum terbiasa, tidak terbayang tingkat kesulitannya. Informasi dalam bentuk tabel akan dengan mudah dipaparkan. Dia bisa menjadi sebuah tabel panjang mengenai nama kecamatan di setiap kabupaten, setiap kabupaten di dalam propinsi, dan setiap propinsi di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hal tersebut ternyata sangat berbeda ketika kita sudah berbicara dalam dimensi ruang, ada informasi lokasinya yang tidak dipaparkan dalam barisan kalimat, tapi harus dijelaskan dalam bentuk peta yang mampu berbicara. Berbicara dalam menjelaskan dalam bahasa gambar yang jauh lebih mudah untuk dipahami ketimbang serentetan kalimat yang menjelaskan sebuah kata “di mana” yang terkait dengan “berapa”. Berapa dapat berarti jumlah kecamatan, jumlah daerah pemilihan, atau nantinya adalah jumlah suara yang masuk.

Bagaimana sebuah informasi terhubung dalam domain ruang, ternyata merupakan sebuah hal yang cukup panjang untuk diceritakan. Semua itu harus terhubung secara benar dalam sebuah kodifikasi yang cukup njelimet. Dapat dibayangkan, bentuk batas kecamatan yang dihubungkan oleh kode kecamatan yang terdapat dalam sebuah kabupaten yang ada di sebuah propinsi itu harus terkodifikasi secara benar dengan bentuk wilayah yang juga benar. Dia akan semakin sulit ketika hal tersebut juga harus dihubungkan lagi dengan daerah pemilihan , jumlah suara dari 44 partai..!

Sulitnya, tidak semua informasi terbaru dapat dengan mudah diperoleh. Negeri yang rajin melakukan pemekaran ini, kadang belum siap dengan informasi terbaru dengan batas wilayah yang benar. Jadilah proses mencari dan menyusun menjadi sebuah pekerjaan keroyokan yang melelahkan.

Panjang bercerita dalam baris-baris njelimet di atas, ada sebuah pengharapan di hati kecil..Semoga sekian banyak kesalahan yang mungkin masih ada dalam webgis kami ini dapat dimaafkan oleh khalayak, punteen…!

4 Komentar »

  1. Selamat Bung, Anda layak dapat bintang!😀

    Komentar oleh Firman — 10/04/2009 @ 9:26 pm | Balas

    • terimakasih bung Firman…he..he.he..

      Komentar oleh udrekh — 12/04/2009 @ 9:02 pm | Balas

  2. slamat Pak, atas launching webgis KPU,
    iya pa gimana dengan kendala apabila di data KPU ada lokasi kecamatan yang tidak ada atau sebaliknya? dipeta ada di data KPU tidak ada?.. sementara kalo liat dari data administrasi yang ada di WEBGIS kayanya semua orang udah punya deh batas administrasi propinsi indonesia, malah di blog saya di share hingga batas desa/kelurahan, cuma kendalanya adalah sejauh mana update nya.
    pengalaman saya ini mungkin masalah yang sering timbul kalo urusan dengan peta dasar. kalo di buat secara asal dari peta yang kita miliki untuk deliniasi batas daerah..hmm..berarti peta kita sudah tidak benar.. dan apakah bisa disebut WEBGIS?

    demikian komentar saya.

    satu lagi, tidak ada fasilitas searching ya?

    salam

    Komentar oleh gis_archives — 11/04/2009 @ 11:49 am | Balas

    • Betul sekali, ini kendala terbesar kami juga. Makanya untuk webgis yang ada saat ini, informasinya cuman sampai dapil saja. Informasi spasial yang kami punya butuh banyak perbaikan. Untuk membuat dapilnya saja sudah lumayan susah. Kita juga belum tau apakah kodifikasi yang ada sekarang sudah sesuai dengan kondisi real di lapangan. Artinya, jumlah kabupatan misalnya sudah sesuai dengan jumlah yang ada.
      Apa yang dilakukan saat ini adalah, membandingkan data dari webpemilu 2004 yang ada, membandingkan dengan data terbaru yang kami peroleh, lalu mencari informasi terbaru dari sekian banyak sumber. Sampai dapil saat ini masih aman deh insya Allah. Tapi memang perlu kerja keras untuk memperbaiki peta ini.
      Masalah apakah bisa disebut web gis atau bukan, saya lebih memandang hal ini dari aspek kebutuhan. Bagaimanapun telitinya kita membuat sebuah peta, tentu cukup banak kemungkinan bahwa kita salah mendigit. Kebutuhan sebuah peta skala global, tentu hanya akan menampilkan polygon atau polyline dengan tingkat ketelitian rendah, sementara untuk level kebutuhan navigasi di mobil misalnya, kita butuh dengan tingkat ketelitian yang jauh lebih teliti. Keduanya tetap merupakan sebuah informasi berbasis spasial sekalipun kalau kedua peta kita overlaykan akan jauh sekali pergeserannya.

      Ingat belasan tahun lalu waktu mulai belajar mendigit peta, terkadang main tabrak saja, atau sekedar polygonnya ketutup. Belum aspek editing, banyak penyederhanaan di sana. Sekarang, sering melakukan ratifikasi melalui image. Tapi, untuk beberapa kasus, memang agak sulit untuk melakukan penyesuaian. Misalnya: Jika ada pemekaran daerah dan saya tidak memiliki informasi yang benar menganai batas wilayah baru. Akan tetapi kodifikasi tabular yang saya miliki harus sama banyak dengan polygon yang ada. Kan nggak mungkin kalau ada yang hilang begitu saja. Lalu, untuk saya akan mencari daerah yang mengalami pemekaran kemudian memisahkan kedalam dua buah polygon sekenanya. Yah, mungkin ini tidak tepat, cuman bagi saya masih bisa ditolerir sesuai kebutuhannya. Untuk pemilu skala nasional, hal ini masih masuk akal ketimbang ada informasi yang hilang begitu saja.

      Dalam peta global, tentu banyak pulau kecil yang hilang. Tentu kita tetap bisa menyetujui hal ini sebagai informasi geografis dalam skala global.

      Demikian tanggapan saya yang awam soal GIS.

      Komentar oleh udrekh — 12/04/2009 @ 9:22 pm | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: